Friday, January 18, 2013

Seni dalam Geometri Islam #2



Pada tulisan sebelumnya tentang Seni Geometri oleh Abu Nasr al-Farabi. Bagaimana beliau menentukan sebuah permasalahan geometri yang kemudian ditentukan pola-polanya sehingga dapat digunakan oleh seorang seniman untuk di kembangkan menjadi karya artistik geometri.

Seorang seniman harus belajar bagaimana memecahkan masalah tentang geometri guna menciptakan pola-pola rumit dengan keindahannya. Pola-pola ini salah satunya sudah dijelaskan pada tulisan-tulisan sebelumnya (Seni Dalam Geoemetri Abu Nasr al-Farabi) . Contoh lain penerapan masalah geometri hingga digunakan pada pola seni adalah Membagi sebuah persegi yang terbatas, langkahnya sebagi beriukut:

Buatlah lingkaran kemudian membuat persegi talibusur pada lingkaran tersebut:






Ulangi langkah-langkah di atas hingga tercipta sebuah persegi yang ada di dalam persegi sebelumnya hingga seperti pada gambar berikut:



Pada saat itu seniman muslim menggunakan pola itu untuk menggambarkan bintang-8 runcing dengan menggunakan dua buah persegi talibusur pada lingkaran:






Melanjutkan pola yang sama seperti diatas  (membagi sisi persegi sama panjang kemudian membuat persegi baru didalam persegi sebelumnya), para seniman muslim saat itu dapat membuat pola yang kompleks dan indah, seperti terliahat pada gambar berikut:




Para seniman juga menciptakan perbatasan dari pola-pola yang sudah dibuat hingga membentuk bangun yang memiliki pola baru. Seperti contoh: Buatlah segitiga sama sisi:


Kemudian bagi sisi-sisi segitiga itu menjadi enam bagian sama panjang dengan menggunakan metode membagi segmen garis (seperti yang telah di terangkan pada tulisan sebelumnya Seni Dalam Geoemetri Abu Nasr al-Farabi ). Kemudian hubungkan titik-titik tersebut hingga menjadi seperti gambar berikut:


Sehingga menjadi,



Kemudian bangun geometri diatas dapat diperbanyak dengan merotasikan 1800 sebanyak-banyaknya.


Demikian contoh pola-pola geometri yang dibuat oleh seniman muslim untuk membuat geometri menjadi sesuatu yang indah.
Oleh: Samsul Maarif

Daftar Pustaka
Center for South Asian and Middle Eastern Studies, University of Illinois at Urbana-Champaign http://www.csames.illinois.edu/



Temukan Tulisan Terkait:
"Islamisai Ilmu dalam Matematika"



No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya....!

Pendidikan

Analisis Data Statistik dengan SPSS


Tinggalkan Pesan dan Kesan Anda di Buku Tamu

Komentar Terbaru