Thursday, August 30, 2012

Antara TUHAN dan MANUSIA (sebuah analisis sederhana dengan matematika)

Asssalamualikum………… Tahukah kamu kita sebagai makhluk ciptaan Alloh harus selalu beriman dan bertaqwa kepadanya……betapa tidak setiap hari kita bernafas, beraktifitas dengan kesehatan kita semuanya itu anugerah Alloh….. Pada topik kali ini saya ingin membahas tentang posisi kita sebagai manusia yaitu makhluk ciptaan Alloh, maka apa yang harus kita lakukan… saya akan awali dari konsep tak berhingga yaitu dari bilangan 1 dan nol…..


coba cermati manakah yang lebih besar antara 1/2 dengan 1/3…yang pastinya 1/2 lah yang lebih besar…. coba perhatikan lagi…1/3 dg 1/4 mana yang labih besar? 1/4 dg 1/5 , 1/5 dg 1/6 dst……yang pastinya bilangan sebelah kiri akan lebih besar…..kenapa bisa begitu? ya…..makin besar nilai dari sebuah penyebut (denominator) maka bilangan itu akan semakin kecil (bilangan pecahan) hingga pada akhirnya semakin besar pembagi (dalam artian tak hingga) maka 1/tak hingga = 0 Konsep itu memiliki makna jika 1 = Alloh (Al-ahad) yang diposisikan sebagai bilangan yang dibagikan (bahwa Alloh itu pemberi rahmat dan hidayah), dan tak hingga= manusia sebagai abdi Alloh. Tak hingga menandakan sifat manusia yang berlaku sombong, angkuh dan merasa dirinya paling besar dengan segala kekuasaan dan kepintarannya. Jika manusia berlaku hal demikian maka dimata Alloh harganya “0″ (1/tak hinnga = 0).

tapi sebaliknya kalau kita kaji…… coba anda cermati: 1/(1/2) dengan 1/(1/3) lebih besar mana? yang pastinya bilangan sebelah kanan akan lebih besar…. ya….semakin kecil nilai pembagi maka nilai sebuah pecahan akan menjadi lebih besar hingga pada akhiranya: 1/0 = tak terdefinisi, apa artinya?
kembali lagi dari konsep sebelumnya…. jika seseorang merasa tak punya daya dan upaya di hadapan Alloh, selalu berserah diri pada Alloh yang dalam hal ini dilambangkan dengan “0″ maka insya Alloh akan bernilai tak ternilai di hadapan Alloh…… dalam hal ini yang ingin saya tekankan adalah betapapun berkuasanya kiat, sepintar apapun kita dan sekaya apapun kita itu semua tidak lepas dari kekuasaan Alloh ( la haula walaquwwata illa billahil “aliyyil “adzimmm)…. marilah kita bersama-sama berlomba untuk MENGENOLKAN diri dihadapan Alloh………….

No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya....!

Pendidikan

Analisis Data Statistik dengan SPSS


Tinggalkan Pesan dan Kesan Anda di Buku Tamu

Komentar Terbaru