ANOVA DUA JALUR DENGAN SPSS
Berikut misalkan kita ingin mengetahui adakah perbedaan Kemampuan
Analogi Matematis siswa yang diajarkan dengan Metode Discovery (kelas
eksperimen) dan Metode Ekspositori (kelas kontrol) didasarkan pada siswa
berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Untuk mengujinya kita
menggunakan Anova dua jalur dengan uji prasyaratnya yaitu uji normalitas
dan homogenitas (sudah diterangkan pada tulisan terdahulu). Berikut
datanya:
KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS SISWA
|
|||||||
KELAS EKSPERIMEN
|
|||||||
No.
|
Kode Siswa
|
Nomor Soal / Skor Ideal
|
Total
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
20
|
||
Siswa Kemampuan Tinggi
|
|||||||
1
|
ST-01
|
4
|
3
|
3
|
3
|
2
|
15
|
2
|
ST-02
|
4
|
4
|
3
|
2
|
2
|
15
|
3
|
ST-03
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
18
|
Data Disamarkan Untuk Menghindari
Hal Yang Tidak Diinginkan
|
|||||||
10
|
ST-10
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
16
|
11
|
ST-11
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
19
|
Jumlah
|
44
|
40
|
40
|
34
|
35
|
193
|
|
Mean
|
4.00
|
3.64
|
3.64
|
3.09
|
3.18
|
17.55
|
|
Siswa Kemampuan Sedang
|
|||||||
12
|
SS-01
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
17
|
13
|
SS-02
|
3
|
4
|
4
|
3
|
2
|
16
|
14
|
SS-03
|
4
|
3
|
4
|
2
|
1
|
14
|
Data Disamarkan Untuk Menghindari
Hal Yang Tidak Diinginkan
|
|||||||
23
|
SS-12
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
18
|
24
|
SS-13
|
4
|
4
|
3
|
2
|
2
|
15
|
25
|
SS-14
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
18
|
Jumlah
|
53
|
51
|
47
|
38
|
41
|
230
|
|
Mean
|
3.79
|
3.64
|
3.36
|
2.71
|
2.93
|
16.43
|
|
Siswa Kemampuan Rendah
|
|||||||
26
|
SR-01
|
3
|
2
|
3
|
0
|
0
|
8
|
27
|
SR-02
|
3
|
4
|
2
|
3
|
3
|
15
|
Data Disamarkan Untuk Menghindari
Hal Yang Tidak Diinginkan
|
|||||||
35
|
SR-10
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
10
|
36
|
SR-11
|
4
|
4
|
3
|
0
|
2
|
13
|
Jumlah
|
40
|
32
|
27
|
11
|
17
|
127
|
|
Mean
|
3.64
|
2.91
|
2.45
|
1.00
|
1.55
|
11.55
|
KEMAMPUAN
ANALOGI MATEMATIS SISWA
|
|||||||
KELAS
KONTROL
|
|||||||
No.
|
Kode
Siswa
|
Nomor
Soal / Skor Ideal
|
Total
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
20
|
||
Siswa
Kemampuan Tinggi
|
|||||||
1
|
ST-01
|
4
|
4
|
3
|
2
|
3
|
16
|
2
|
ST-02
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
19
|
3
|
ST-03
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
16
|
Data
Disamarkan Untuk Menghindari Hal Yang Tidak Diinginkan
|
|||||||
10
|
ST-10
|
4
|
3
|
3
|
3
|
2
|
15
|
11
|
ST-11
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
16
|
Jumlah
|
43
|
40
|
32
|
27
|
34
|
176
|
|
Mean
|
3.91
|
3.64
|
2.91
|
2.45
|
3.09
|
16.00
|
|
Siswa
Kemampuan Sedang
|
|||||||
12
|
SS-01
|
4
|
3
|
3
|
2
|
1
|
13
|
13
|
SS-02
|
4
|
4
|
3
|
1
|
1
|
13
|
14
|
SS-03
|
4
|
2
|
4
|
0
|
3
|
13
|
Data
Disamarkan Untuk Menghindari Hal Yang Tidak Diinginkan
|
|||||||
23
|
SS-12
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
17
|
24
|
SS-13
|
3
|
4
|
3
|
2
|
3
|
15
|
25
|
SS-14
|
4
|
3
|
2
|
3
|
2
|
14
|
Jumlah
|
54
|
46
|
38
|
30
|
39
|
207
|
|
Mean
|
3.86
|
3.29
|
2.71
|
2.14
|
2.79
|
14.79
|
|
Siswa
Kemampuan Rendah
|
|||||||
26
|
SR-01
|
4
|
2
|
2
|
1
|
0
|
9
|
27
|
SR-02
|
2
|
2
|
0
|
0
|
2
|
6
|
28
|
SR-03
|
2
|
3
|
2
|
3
|
0
|
10
|
Data
Disamarkan Untuk Menghindari Hal Yang Tidak Diinginkan
|
|||||||
35
|
SR-10
|
4
|
3
|
2
|
2
|
0
|
11
|
36
|
SR-11
|
4
|
3
|
1
|
1
|
2
|
11
|
Jumlah
|
36
|
32
|
21
|
15
|
14
|
118
|
|
Mean
|
3.27
|
2.91
|
1.91
|
1.36
|
1.27
|
10.73
|
Berikut langkah-langkahnya:
1.
Buka SPSS
2.
Copy data tersebut ke dalam lembar
kerja SPSS letakan dalam satu kolom dan perlu diingat no urutnya 1-36 adalah
kelas eksperimen dan 37-72 kelas kontrol, pada kolom kedua isi dengan “1” untuk
kelas Eksperimen dan “2” untuk kelas kontrol, kemudian pada kolom ketiga diisi dengan “1” untuk siswa berkemampuan
“Tinggi”, “2” untuk siswa berkemampuan “Sedang” dan “3” untuk siswa
berkemampuan “Rendah”.
3.
Buatlah nama variabel dengan cara Variabel View, kemudian pada kolom Label beri nama “Kemampuan Analogi” pada
VAR000001 , “Kelas” pada VAR000002 dan “Tingkatan”
pada VAR000003.
4.
Kemudian pada kolom value pada VAR000002 klik none
hingga muncul kotak dialog, kemudian isi kolom Value dengan “1”, Label dengan “Eksperimen”
kemudian klik Add, kemudian lanjutkan isi kolom Value dengan “2”, Label dengan “Kontrol”
kemudian klik Add dan klik OK.
5.
Kemudian pada kolom value pada VAR000003 klik none
hingga muncul kotak dialog, kemudian isi kolom Value dengan “1”, Label dengan “Tinggi”
kemudian klik Add, kemudian lanjutkan isi kolom Value dengan “2”, Label dengan “Sedang”
kemudian klik Add dan isi kolom Value dengan “3”, Label dengan “rendah” klik
Add
kemudian klik OK.
6.
Lakukan
pengujian anova dua jalur dengan uji Lavene
Statistic dengan cara memilih
menu : analyze => General Linier
Model => Univariate. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
7.
Masukan “Kemampuan Analogi” ke kotak
Dependen
List dan “Kelas” dan “Tingkatan” ke kotak Fixed Factor.
8.
Pilih
Pos
Hoc, masukan semua variabel ke kotak Post Hoc Test for.
Kemudian Scheffe dan Tukey
kemudian klik Continue.
9.
Pilih
Option,
kemudian masukan VAR00001, VAR00002, dan VAR00001* VAR00002 ke dalam kotak Display
Means For. Pilih Descriptive statistic kemudian klik Continue.
10. Kemudian klik Ok. Berikut hasil output nya.
Dari data di atas kita dapat melihat statistika diskriptif dari masing-masing variabel dan kategorinya. Selanjutnya untuk mengetahui hasil analisis anova Anova kita dapat melihat tabel di bawah ini.
Berikut
misalkan kita ingin mengetahui adakah perbedaan Kemampuan Analogi
Matematis siswa yang diajarkan dengan Metode Discovery (kelas eksperimen) dan
Metode Ekspositori (kelas kontrol) didasarkan pada siswa berkemampuan tinggi,
sedang dan rendah.
Dari data diatas kita dapat
disimpulkan:
1.
Dengan melihat
VAR00002 (Kelas) dengan nilia sig. = 0,010 < 0,05 artinya terdapat perbedaan
Kemampuan Analogi Matematis siswa yang diajarkan
dengan Metode Discovery (kelas eksperimen)
dengan Kemampuan Analogi Matematis siswa yang
diajarkan dengan Metode Ekspositori
(kelas kontrol).
2.
Dengan melihat
VAR00003 (Tingkatan) dengan nilia sig. = 0,000 < 0,05 artinya terdapat
perbedaan Kemampuan Analogi Matematis siswa berdasarkan kategori siswa berkemampuan tinggi, sedang
dan rendah.
3.
Dengan melihat VAR00002
*VAR00003 dengan nilia sig. = 0,773 > 0,05 artinya tidak terdapat interaksi antara
penggunanan metode dengan tingkatan kemampuan siswa untuk mempengaruhi Kemampuan
Analogi Matematis siswa secara bersama-sama.
Daftar
Pustaka
Ghozali, Imam, 2006, AplikasiAnalisis Multivariate dengan
Program SPSS, CetakanKeempat, BadanPenerbitUniversitasDiponegoro, Semarang.
Widiarso, W. (2007). Uji Hipotesis Komparatif. [on line].
tersedia. http://elisa.ugm.ac.id/community/home/show/statistikaptu1003/#!/section/7013/1336745918.
Temukan tulisan terkait:
"Statistik Diskriptif dengan SPSS"
"Uji Autokorelasi dengan SPSS (Uji Asumsi Klasik)""Statistik Diskriptif dengan SPSS"
No comments:
Post a Comment
Mohon komentarnya....!