Sunday, January 20, 2013

Uji Normalitas Regresi dengan SPSS (Uji Asumsi Klasik)



Misalakan terdapat data Kemampuan Mengelola Stres Belajar (X) sebagai variabel bebas dan Motivasi belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat.

No.
X
Y
1
72
25
2
75
26
3
78
26
4
78
26
5
78
24
6
82
26
7
82
24
8
82
25
9
82
25
10
82
25
11
84
26
12
84
27
13
84
26
14
86
25
15
87
26

Sebelum melakukan analisis regresi linier sederhana terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat atau yang sering disebut dengan “uji asumsi klasik” yang meliputi uji normalitas regresi, uji multikolinieritas, uji
heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Berikut akan diterangkan uji normalitas regresi.

Uji Normalitas Regresi
 
Menurut Ghozali (2006), uji normalitas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi, variable bebas dan variable terikat keduanya memiliki distribusi normal atau tidak. Model regresi yang baik adalah memiliki distribusi data normal atau mendekati normal. Uji normalitas dalam penelitian ini dilakukan melalui metode grafik.

Metode grafik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melihat normal probability plot. Normal probability plot adalah membandingkan distribusi komulatif dari distribusi normal (Ghozali, 2006). Dasar pengambilan keputusan melalui analisis ini, jika data menyebar disekitar garis diagonal sebagai representasi pola distribusi normal, berarti model regresi memenuhi asumsi normalitas.
Berikut langkah-langkah pengujiannya:

a.       Kopikan data di atas pada lembar kerja SPSS, komudian pilih Variabel View. Pada kolom Name beri nama variabel 1 dengan “X” dan variabel 2 dengan nama “Y”. Pada kolom Label, beri label variabel 1 dengan “Kemampuan Mengelola Stres Belajar” dan variabel 2 dengan nama “Motivasi Belajar”.






b.      Kembali ke Data View, pilih Analize > Regression > Liniear> Ok.



c.       Masukan variabel X pada kotak Independet (s) dan variabel Y pada kotak Dependet.


  
d.      Pilih Plot masukan *sresid ke kotak X dan *zpred ke kotak Y dan pilih Normal Probability Plot, kemudian klik Continue dan Ok.


 
e.       Dilihat dari gambar terlihat data menyebar disekitar garis diagonal sebagai representasi pola distribusi normal, berarti model regresi memenuhi asumsi normalitas.



Oleh: Samsul Maarif

Daftar Pustaka
  
Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang





Temukan tulisan terkait:

"
Statistik Diskriptif dengan SPSS"
"

No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya....!





Tinggalkan Pesan dan Kesan Anda di Buku Tamu

Google+ Followers