Saturday, January 12, 2013

Geometri ala Ibnu Sinan


Ibrahim bin Sinan (946) adalah cucu dari Thabit bin Qurra. Beliau adalah matematikawan terkenal dan penerjemahan karya Archimedes. Perlakuan terhadap area dari kurva parabola adalah konstruksi sederhana yang di lakukan oleh Ibnu Sinan sebelum zaman Renaissance. Beliau membuktikan tentang tulisan-tulisan dari keluarganya yang pada saat itu dianggap metode kakeknya (Thabit bin Qurra) terlalu bertele-tele. Ibnu sinan lebih fokus pada keumuman sebuah metode dan teori dibandingkan masalah-masalah tertentu.

Ibnu Sinan menjelaskan tentang metode untuk menggambar parabola. Adapun langkah-langkah metode untuk menggambar parabola yang dikemukakan Ibnu Sinan adalah sebagai berikut:

1.      Membuat Segmen AG. Kemudian, dibuat segmen AB pad AG dan dibuat garis tegak lurus AG melalui titik B. Pada BG letakkan titik-titik H, D, Z, . . . sembarang.


2.      Muali dari titik H. Buatlah lingkaran dengan diameter AH. artinya pusat lingkaran yang pertama adalah titik tengah AH. Kemudian tentukan titik potong lingkaran tersebut dengan BE di titik T.



3.       Buatlah garis sejajar AG melalui titik T dan garis sejajar BE melalui titik H. Kemudian titik potong kedua garis itu beri nama K.




4.      Sekarang buat lingkaran dengan diameter AD dengan pusat lingkarannya adalah titik tengah AD. Kemudian tentukan titik potong lingkaran tersebut dengan BE berilah nama titik L. Buatlah garis sejajar dengan AG melalui titik L dan garis sejajar dengan BE melalui titik D, kemudian tentukan titik potong kedua garis tersebut di M.




5.      Lakukan pekerjaan seperti diatas pada titik Z, X dan Y sehingga didapat sebuah parabola.


 
Demikian ilmuan muslim yang sudah berjasa di dunia geometri. Ternyata ilmuan muslim sudah mampu menggunakan alur fikirannya untuk melukis keumuman dari parabola.

Oleh: Samsul Maarif


Daftar Pustaka

Center for South Asian and Middle Eastern Studies, University of Illinois at Urbana-Champaign http://www.csames.illinois.edu/




Temukan Tulisan Terkait:
"Islamisai Ilmu dalam Matematika"


No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya....!

Pendidikan

Analisis Data Statistik dengan SPSS


Tinggalkan Pesan dan Kesan Anda di Buku Tamu

Komentar Terbaru