Merencanakan Penilaian
Oleh: Samsul Maarif
Dengan beberapa
tantangan yang dihadapi oleh guru matematika sekarang, membuat pergeseran
didalam garis besar penilaian praktik yang telah diterangkan di atas. Hal
tersebut mengingatkan kita kenapa kita harus menghabiskan banyak waktu dan
energi untuk membuat suatu penilaian yang baik. Tujuan dari suatu penilaian
adalah:
a. Untuk
mendokumentasikan proses belajar matematika siswa
b. Untuk
mengkomunikasikan informasi dan harapan siswa, orang tua, guru yang lain,
konselor, dan atasan.
c. Untuk
memandu, meningkatkan, dan menyediakan kesempatan lebih lanjut pada
pembelajaran
Selanjutnya timbul
suatu pertanyaan: “mengapa suatu penilaian dan bagaimna suatu penilaian
seharusnya dilakukan?”. Kami menawarkan beberapa pertanyaan yang dapat
digunakan untuk memandu dalam merencanakan suatu penilaian pada sebuah kelas
baik secara unit maupun keseluruhan pembelajaran, berikut pertanyan-pertanyaan
yang dapat diperhatikan:
a. Konsep
matematika atau kemampuan matematika apa yang akan dicoba untuk dinilai?
b. Perilaku
penting apa yang harus ada pada siswa saat ini?
c. Bagaimana
kita akan menilai apa yang siswa ketahui dan dapat perlakuan matematis?
d. Bagaimana
kita meringkas dan mengkomunikasikan apa yang telah kita ajarkan?
Berikut contoh suatu
rencana penilaian yang dapat dikembangkan oleh seorang guru dalam mempersiapkan
pembelajaran pada pokok bahasan “garis sejajar dan garis tegak lurus”. Catatan
bagaimana guru menjawab tiga pertanyaan diatas didalam perencananya. Catatan
juga bagaimana penilaian yang sudah direncanakan diluruskan dengan tujuan dan
perilaku pembelajaran.
RENCANA
PENILAIAN
Bab:
Garis Sejajar dan Tegak Lurus
Konsep
Matematika Kunci: Titik potong garis, garis sejajar,
garis miring, garis menyilang, sudut dalam, sudut luar, hubungan sudut, lokus,
garis tegak lurus, bidang
Perilaku
Penting Pembelajaran: Memahami hubungan antara titik, garis,
dan bidang. Membuat konjektur tentang hubugan antara titik, garis dan bidang.
Membuktikan konjektur yang telah dibuat. Membuktikan teorema dan
mengaplikasikan konsep dan kemampuan matematis pada suatu situasi.
Penilaian
Informal: Mengobservasi kelompok (membuat konjektur
menggunakan Geometers Schatspath), membuktikan konjektur, membuktikan teorema);
menulis jurnal (menerangkan konsep dan kemampuan matematis, menerangkan
keterkaitann menemukan contoh di luar kelas)
Penilaian
Formal: Quiz
(kemampuan matematis, bukti), tes (konjektur, bukti, menerangkan, aplikasi),
proyek (membuat gambar contoh dikehidupan nyata, jastifikasi dan explorasi)
Daftar Pustaka
Comton, H.L, dkk. 1999. Mathematics Assesment a Practical Handbook
for Grades 9-12. USA: National
Council of Teacehers MathematicsGambar diambil dari: https://www.google.co.id/search?q=assesment&biw=1366&bih=657&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjnvJ3-54rMAhUVkI4KHbfWA2cQ_AUIBigB#imgrc=Yd3M74GZdnpb0M%3A
No comments:
Post a Comment
Mohon komentarnya....!