Tuesday, April 12, 2016

Merencanakan Penilaian



Merencanakan Penilaian
Oleh: Samsul Maarif

Dengan beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru matematika sekarang, membuat pergeseran didalam garis besar penilaian praktik yang telah diterangkan di atas. Hal tersebut mengingatkan kita kenapa kita harus menghabiskan banyak waktu dan energi untuk membuat suatu penilaian yang baik. Tujuan dari suatu penilaian adalah:
a.       Untuk mendokumentasikan proses belajar matematika siswa
b.      Untuk mengkomunikasikan informasi dan harapan siswa, orang tua, guru yang lain, konselor, dan atasan.
c.       Untuk memandu, meningkatkan, dan menyediakan kesempatan lebih lanjut pada pembelajaran
Selanjutnya timbul suatu pertanyaan: “mengapa suatu penilaian dan bagaimna suatu penilaian seharusnya dilakukan?”. Kami menawarkan beberapa pertanyaan yang dapat digunakan untuk memandu dalam merencanakan suatu penilaian pada sebuah kelas baik secara unit maupun keseluruhan pembelajaran, berikut pertanyan-pertanyaan yang dapat diperhatikan:
a.       Konsep matematika atau kemampuan matematika apa yang akan dicoba untuk dinilai?
b.      Perilaku penting apa yang harus ada pada siswa saat ini?
c.       Bagaimana kita akan menilai apa yang siswa ketahui dan dapat perlakuan matematis?
d.      Bagaimana kita meringkas dan mengkomunikasikan apa yang telah kita ajarkan?
Berikut contoh suatu rencana penilaian yang dapat dikembangkan oleh seorang guru dalam mempersiapkan pembelajaran pada pokok bahasan “garis sejajar dan garis tegak lurus”. Catatan bagaimana guru menjawab tiga pertanyaan diatas didalam perencananya. Catatan juga bagaimana penilaian yang sudah direncanakan diluruskan dengan tujuan dan perilaku pembelajaran.

RENCANA PENILAIAN

Bab: Garis Sejajar dan Tegak Lurus
Konsep Matematika Kunci: Titik potong garis, garis sejajar, garis miring, garis menyilang, sudut dalam, sudut luar, hubungan sudut, lokus, garis tegak lurus, bidang
Perilaku Penting Pembelajaran: Memahami hubungan antara titik, garis, dan bidang. Membuat konjektur tentang hubugan antara titik, garis dan bidang. Membuktikan konjektur yang telah dibuat. Membuktikan teorema dan mengaplikasikan konsep dan kemampuan matematis pada suatu situasi.
Penilaian Informal: Mengobservasi kelompok (membuat konjektur menggunakan Geometers Schatspath), membuktikan konjektur, membuktikan teorema); menulis jurnal (menerangkan konsep dan kemampuan matematis, menerangkan keterkaitann menemukan contoh di luar kelas)
Penilaian Formal:    Quiz (kemampuan matematis, bukti), tes (konjektur, bukti, menerangkan, aplikasi), proyek (membuat gambar contoh dikehidupan nyata, jastifikasi dan explorasi)




Daftar Pustaka
Comton, H.L, dkk. 1999. Mathematics Assesment a Practical Handbook for Grades 9-12. USA: National Council of Teacehers Mathematics


Gambar diambil dari: https://www.google.co.id/search?q=assesment&biw=1366&bih=657&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjnvJ3-54rMAhUVkI4KHbfWA2cQ_AUIBigB#imgrc=Yd3M74GZdnpb0M%3A

No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya....!

Pendidikan

Analisis Data Statistik dengan SPSS


Tinggalkan Pesan dan Kesan Anda di Buku Tamu

Komentar Terbaru