Tuesday, April 12, 2016

Alat Untuk Penilaian



Alat Untuk Penilaian
Oleh: Samsul Maarif

Untuk mengembangkan daya matematis siswa diharuskan:
a.       Memahami konsep matematika dan keterkaitan antar konsep
b.      Memahami dan menjadi ahli dengan kemampuan matematis
c.       Memiliki alasan, justifikasi dan membuat kesimpulan, menuliskan dan menerangkan.
d.      Memecahkan masalah.
e.       Mengembangkan sikap positif dan disposisi matematis.
Untuk menilai daya matematis siswa, kita membutuhkan suatu perangkat penilaian yang menyediakan bukti yang berkualitas. Sebagai contoh, jika kita mengharapkan menilai bagaimana siswa baik dalam pemahaman konsep matematis, kita mungkin meminta mereka: memberikan definisi dengan bahasa mereka sendiri; memberikan contoh dan noncontoh suatu konsep; menggunakan konsep untuk memperoleh cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalah matematis.
Jika kita ingin menilai bagaimana pemahaman dan melakukan kemampuan siswa, kita harus meminta mereka: melakukan kemampuan (menyelesaikan suatu masalah) setidaknya satu jalan; melakukan kemampuan lebih dari satu cara;  membuat prosedur dari kemampuan, menerangkan bagaimana bekerja dengan kemampuanya; menerangkan mengapa bekerja dengan kemampuanya; dan menggunakan kemampuanya didalam cara yang berbeda untuk menyelesaikan masalah matematis.
Jika kita ingin menilai bagaimana siswa dapat bernalar deduktif, maka kita harus meminta siswa untuk: menjastifikasi sebuah konjektur matematika; memberikan contoh yang mengilustrasikan sebuah konjektur, axioma atau teorema; memberikan kontracontoh dari konjektur; melengkapi langkah yang salah di dalam pembuktian suatu teorem; menerangkan bagaimana suatu teorem mungkin untuk dibuktikan; menerangkan bagaimana suatu teorema dibuktikan.
Jika kita ingin menilai bagaimana siswa memiliki sikap positif (rasa) terhadap matematik, maka kita harus mengajukan mereka beberapa pertanyaan, diantaranya: apa matematika itu?; bagaimana kamu dapat bersikap postif terhadap matematika hari ini? apa yang kamu senangi yang kamu lakuakan pada pembelajaran matematika di kelas? apa yang paling sedikit kamu senangi  yang kamu lakukan dalam pembelajaran matematika di kelas?.
Jika kita ingin menilai kemampuan pemecahan masalah, maka kita dapat menentukan kriteria kemampuan pemecahan masalah berikut:
a.    Mengetahui Masalah
2: Mengitung pemahaman terhadap masalah yaitu mengilustrasikan dengan pilihan model atau diagram untuk merepresentasikan masalah.
1: Tidak memahami sebagian dari masalah, tidak mengetahui pilihan untuk merepresentasikan masalah.
0: Tidak memahami masalah
b.    Memilih strategi pemecahan masalah
2: Memilih strategi yang tepat yang dapat digunakan untuk menentukan solusi
1: Memilih sebuah strategi yang mungkin digunakan untuk menentukan solusi tapi tidak efisien
0: tidak memiliki strategi pemecahan masalah
c.    Menimplementasikan strategi pemecahan masalah
2: Menerapkan strategi pemecahan maslah sehingga didapatkan solusi yang benar
1: Menerapkan sebagian strategi atau benar memilih strategi tapi mengalami kesulitan dalam menerapkanya untuk menentukan solusi
0: tidak dapat menerapkan strategi
d.   Komunikasi
2: Jastifikasi menggunakan eksperesi matematika yang benar, menggunakan notasi matematika yang benar.
1: Sedikit jastifikasi- menggunakan notasi matematika
0: tidak ada jastifikasi
e.    Kualitas keseluruhan presentasi
2: menarik, rapi, bersih, mudah untuk dibaca dan untuk diikuti
1: pekerjaanya menunjukkan ketrges-gesaan dengan sedikit memperhatikan untuk mudan dalam membaca atau memahami
0: Terlalu banyak kasar dalam pekerjaan untuk dibaca dan diikuti



Daftar Pustaka
Comton, H.L, dkk. 1999. Mathematics Assesment a Practical Handbook for Grades 9-12. USA: National Council of Teacehers Mathematics.

Gambar diambil dari: https://www.google.co.id/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Freallyconnect.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2014%2F08%2FSelf-Assesment.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Freallyconnect.com%2Fblog%2F&docid=6enIWe3F0FodLM&tbnid=Mk4BSpOW-vlbaM%3A&w=855&h=425&ved=0ahUKEwiL3JvL6orMAhVN1I4KHYx3DzsQMwgZKAAwAA&iact=mrc&uact=8

No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya....!

Pendidikan

Analisis Data Statistik dengan SPSS


Tinggalkan Pesan dan Kesan Anda di Buku Tamu

Komentar Terbaru