Wednesday, January 13, 2016

Bagaimana Cara Membaca Artikel Ilmiah Berupa Jurnal Penelitian?



Bagaimana Cara Membaca Artikel Ilmiah Berupa Jurnal Penelitian?

Oleh: Samsul Maarif

Untuk memenuhi kebutuhan penelitian, kita seringkali harus membaca beberapa artikel ilmiah sebagai bahan referensi dari penelitian yang akan kita lakukan.  Bagi para mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir berupa skripsi ataupun tesis perlu kiranya memperhatikan bagaimana cara membaca artikel ilmiah  sehingga informasi-informasi yang dibutuhkan dapat tersusun dengan baik. 

Artikel ilmiah biasanya dipublikasikan pada jurnal penelitian baik secara nasional maupun internasional.  Untuk memudahkan dalam membaca artikel ilmiah pada sebuah jernal perlu kiranya mengetahui struktur jurnal yang biasa digunakan. Kebanyakan jurnal menggunakan struktur IMRD (Introduction, Method, Result dan Discussion) yang sebelumnya ada bagian yang disebut dengan Abstract. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pada struktur artikel ilmiah.

Abstract (Abstrak)
Abstrak adalah intisari dari isi sebuah artikel ilmiah. Biasanya sebelum para pembaca mengkaji isi dari artikel ilmiah, terlebih dahulu membaca abstrak terlebih dahulu. Pada bagian abstrak suatu artikel ilmiah biasanya mengandung empat informasi, yaitu:
1.     Tujuan penelitian, yang mengungkapkan alasan peneliti melakukan kajian ataupun studi terhadap suatu bidang kajian.
2.      Metodologi, yang mengungkapkan bagaimana peneliti melakukan studi sesuai dengan aturan ilmiah.
3.      Hasil, yang mengungkapkan apa yang ditemukan dari studi yang telah dilakukan.
4.    Kesimpulan, yang mengungkapkan  kebermaknaan ataupun arti dari sebuah temuan yang telah diperoleh.
Membaca abstrak adalah langkah awal dalam membaca sebuah artikel ilmiah.

Introduction (Pendahuluan)
Pada bagian pendahuluan sebuah artikel ilmiah biasanya bertujuan untuk menciptakan minat membaca bagi para pembaca artikel tentang studi yang dilakukan dan memberikan informasi tentang studi yang dilakukan oleh peneliti. Biasanya pada bagian pendahuluan diungkapkan latar belakang masalah suatu kajian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengungkap kajian-kajian sebelumnya. Peneliti akan mengungkapkan informasi-informasi yang umum (apa yang diketahui tentang kajian yang dilakukan) dan informasi-informasi yang khusus (apa yang belum diketahui tentang kajian yang dilakukan) pada bagian pendahuluan. Disamping itu, pada bagian pendahuluan biasanya juga diungkapkan pentingnya kajian yang dilakukan oleh peneliti. Dengan demikian, peneliti akan menggambarkan  secara jelas kajian yang telah dilakukan.

Method (Metodologi)
Pada bagian ini memberitahukan para pembaca tentang percobaan yang dilakukan untuk menjawab pertanyan-pertanyaan yang ada pada bagian pendahuluan. Pada bagian ini juga akan diungkapkan metode ilmiah apa yang digunakan peneliti untuk menganalisis data sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Jika penelitiannya eksperimen, perhatikan sampel, populasi dan desain penelitian yang digunakan agar kita dapat memahami generalisasi hasil penelitian. Jika penelitiannya berupa kajian secara kualitatif, perhatikan langkah-langkah penelitian dan jenjang respondeng yang diteliti.

Result and Discussion (Hasil dan Diskusi) 
Pada bagian hasil berisi tentang laporan-laporan yang telah ditemukan dari data yang telah dianalisis scara visual (bisa berupa tabel, grafik ataupun gambar). Pada bagian ini, peneliti biasanya tidak mencantumkan rujukan hasil temuannya untuk dibandingkan dengan hasil temuan orang lain.  Sebaliknya, pada bagian diskusi akan diterangkan temuan-temuan yang diperoleh peneliti dan dibandingkan dengan hasil temuan-temuan orang lain. Biasanya akan didiskusikan secara mendalam dengan mengkroscek antara data, teori dan hasil temuan orang lain dan dirangkum menjadi sebuah argumentasi untuk disimpulkan.

 
Setelah kita mengetahui struktur dari artikel ilmiah, untuk mrmbantu pembaca dalam memahami isi dari artikel ilmiah tersebut, Purungganan menyarankan untuk membuat suatu bagain isian yang perlu dituliskan.



Judul:____________________________________________________________________
Penulis: __________________________________________________________________
Diambil dari Jurnal:_______________________________________________________
Alamat web: ______________________________________________________________
Kata Kunci: _______________________________________________________________
Populasi: __________________________________________________________________
Sampel:____________________________________________________________________
Hipotesis:__________________________________________________________________
Metodologi:________________________________________________________________
Hasil:_______________________________________________________________________
Ringkasan Kata Kunci:________________________________________________________
Konteks: (bagaimana artikel ini berkaitan dengan pekerjaan lain di lapangan, bagaimana ada hubungannya dengan isu-isu kunci dan temuan oleh orang lain, termasuk Anda):______________________________________________________________
Signifikansi (Temuan di lapangan, kemudian mengkaitkan dengan pekerjaan Anda sendiri):_____________________________________________________________________
Gambar dan atau Tabel Penting:_______________________________________________
Referensi yang Dikutip untuk Menindaklanjuti: ________________________________
Komentar terhadap artikel Ilmiah yang dibaca:__________________________________


Daftar Pustaka:
Purunggana, M & Hewwit, J. How to Read a Scientific Article. [Online] tersedia http://www.owlnet.rice.edu/~cainproj/courses/HowToReadSciArticle.pdf diakses pada pukul 22.31 tanggal 13 januari 2016.




No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya....!

Pendidikan

Analisis Data Statistik dengan SPSS


Tinggalkan Pesan dan Kesan Anda di Buku Tamu

Komentar Terbaru