Sifat matematika yang deduktif yaitu sebuah kebenaran dalam matematika akan
dibuktikan oleh kebenaran-kebenaran sebelumnya menjadikan koneksi antar konsep
matematika tidak bisa dipisahkan. Begitu pula sebuah teorema geometri akan
dibuktikan oleh teorema-teorema sebelumnya dengan mengaitkan
perhitungan-perhitungan secara aljabar. Artinya mengaitkan sutu konsep
diperlukan dalam membangun konsep geometri. Oleh karena itu, kemampuan koneksi
matematis dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk dikembangkan guna
menumbuhkan pemahaman siswa atas konsep geometri. Menurut Suherman (2003) dalam
kegiatn pembelajaran matematika perlu dilakukan suatu kegiatan menghubungkan
antar materi yang sedang diajarkan dengan materi-materi sebelumnya. Dalil
konektivitas menyatakan bahwa dalam matematika antara satu konsep dengan konsep
lain lainnya terdapat hubungan yang sangat erat, bukan saja dari segi isi,
namun juga dari segi rumus-rumus yang digunakan.
Sebagai contoh seorang siswa yang ingin membuktikan suatu
teorema Phytagoras, seorang siswa harus terlebih dahulu mengetahui konsep luas
daerah suatu persegi. Disamping itu, dalam perhitungan-perhitungan menuju suatu
kesimpulan siswa juga membutuhakn konsep-konsep aritmatika tentang eksponen dan
konsep penjumlahan. Dalam memodelkan siswa juga memmbutuhakan sutu konsep
alajabar. Sehingga, kegiatan membuktikan teorema phytagoras terbangun oleh
konektivitas antar materi matematika yang terintegrasi dalam sebuah sistematika
pemikiran yang dilakukan oleh seorang siswa.
Dapatkan tulisan lengkap di Buku "Pembelajaran Geometri Berbantu Cabri 2 Plus"
Untuk mendapatkan buku ini anda bisa menghubungi:
Samsul Maarif
No. Telfon: 0856 7141 763
e-mail: sams_andromeda@yahoo.com
No comments:
Post a Comment
Mohon komentarnya....!