G
|
eometri
merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam pembelajaran matematika. Akan
tetapi, perkembangan geometri pada pembelajaran geometri saat ini kurang
berkembang. Salah satu penyebabnya adalah kesulitan siswa dalam membentuk
konstruksi nyata secara teliti dan akurat, adanya anggapan bahwa untuk melukis
bangun geometri memerlukan ketelitian dalam pengukuran dan memerlukan waktu
yang lama, serta tidak jarang siswa mengalami kesulitan dalam proses
pembuktian. Sementara itu, melukis memainkan peranan yang penting dalam
pembelajaran geometri di sekolah karena lukisan geometri menghubungkan antara
ruang fisik dan teori. Jika dikaji lebih lanjut mengenai kaitan antara
objek-objek geometri yang abstrak dengan kesulitan siswa dalam belajar
geometri, maka akan muncul dugaan bahwa sesungguhnya terdapat masalah dalam
pembelajaran geometri di sekolah berkaitan dengan pembentukan konsep-konsep
yang abstrak. Mempelajari konsep yang abstrak tidak dapat dilakukan hanya
dengan transfer informasi saja, tetapi dibutuhkan suatu proses pembentukan
konsep melalui serangkaian aktivitas yang dialami langsung oleh siswa.
Rangkaian aktivitas pembentukan konsep abstrak tersebut selanjutnya disebut
proses abstraksi.
Seiring
perkembangan teknologi saat ini telah berkembang jenis alat peraga baru yang dikenal
dengan konsep alat peraga maya. Alat ini memiliki karakteristik benda-benda
semi kongkrit dan dapat dimanipulasi langsung oleh siswa dalam kegiatan
pembelajaran. Contohnya jenis Dynamic
Geometry Software (perangkat lunak geometri dinamis). Dengan demikian
penggunaan teknologi berupa software
telah dapat membantu meningkatkan kemampuan matematis siswa, sehingga diharapkan dengan penggunaan software cabri II plus dalam
pembelajaran geometri juga akan
mengembangkan kemampuan pembuktian matematis.
Mempelajari matematika berarti akam mempelajari juga cabang dari
matematika yaitu ilmu geometri. Semua yang ada di alam ini merupakan bangun
geometri, sehingga matematika melalui cabangnya ilmu geometri mempelajari
tentang konsep yang terkandung dalam benda-benda yang ada di alam ini melalui
konsep-konsep geometri. Sehingga,
pengkajian tentang pembelajaran geometri harus terus dikembangkan sehingga
setiap pembelajar geometri mampu menganalisis benda-benda menjadi suatu konsep geometri dan dapat
mengkonstruksi suatu pengetahuan geometri dengan pembuktian-pembuktian formal.
Akan tetapi, pembuktian matematis pada materi geometri akhir-akhir ini
menjadi kendala sehingga dirasakan kurang berkembang. Kesulitan menganalisis
sifat-sifat geomtri yang diwujudkan dalam bentuk teorema-teorema sehingga
tercipta sebuah konsep banyak dialami oleh para siswa.
Dapatkan tulisan lengkap di Buku "Pembelajaran Geometri Berbantu Cabri 2 Plus"
Untuk mendapatkan buku ini anda bisa menghubungi:
Samsul Maarif
No. Telfon: 0856 7141 763
e-mail: sams_andromeda@yahoo.com
No comments:
Post a Comment
Mohon komentarnya....!